Sabtu, 17 April 2010

Usulan Strategi Korporasi PT "XYZ"

PT "XYZ" adalah sebuah perusahaan swasta nasional yang berdiri pada tanggal 16 Oktober 1975. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman jenis masal, khususnya industri: (1) Penyedap makanan (Kecap, Saus Tomat, Sambal}; (2) Sirup; (3} Minuman Tefra-pack (Kotak). Saat ini pasar PT "XYZ" meliputi pasar lokal sebesar 80% (mayoritas di Pulau Jawa) dan 20% pasar ekspor yang tersebar di 17 negara dan di 5 benua. PT "XYZ" merupakan pemimpin pasar domestik di bidang industri kecap, saus tomat, sambal, dan sirup, dan menjadi pesaing kuat di bidang industri minuman kotak.
Karya Akhir ini mengambil topik tentang penentuan usulan strategi korporasi pada PT "XYZ". Seiring dengan dimulainya era globalises! yang dftandai dengan pengurangan/ penghilangan berbagai bentuk hambatan tarif dan non tarif antar negara, persaingan di dunia usaha menjadi semakin tajam. Itulah sebabnya diperlukan perencanaan strafegi agar PT "XYZ" dapat bersaing di pasar intemasional dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar. Bila ditinjau dan skala perusahaan, perencanaan strategi ini merupakan langkah awal yang akan menetukan keberhasilan misi (sasaran) yang hendak dicapai perusahaan.
Langkah-langkah dalam menentukan usulan strategi ini terdiri atas: (1} Identrfikasi strategi (evaluasi atas strategi yang ada); (2} Analisis Ungkungan (audit atas kecenderungan lingkungan luas dan struktur industri untuk menentukan peluang dan ancaman, serta faktor kunci keberhasilan); (3) Analisis sumber daya internal (untuk menentukan kekuaian dan kelemahan perusahaan); (4) Analisis kesenjangan (membandingkan strategi dan sumber yang ada dengan analisis SWOT); (5) Formulasi strategi (menyusun strategi).
Berdasarkan matriks SWOT, strategi Kombfnast (gabungan strategi PEKU, PEKA, AKU dan AKA) - merupakan strategi terbaik dan dianggap mampu menghadapi dinamika usaha. Dengan beberapa kondisi sebagai berikut: adanya ancaman pendatang baru dan pesaing yang besar, potensi pasar domesiik dan ekspor yang cukup besar, posisi pangsa pasar domestik yang sangat kuat, teknologi produk dan proses yang relatif baik, dan citra produk yang baik, maka strategi generik yang tepat adalah strategi Diferensiasi.
Dalam hubungan antara strategi generik dan pendekatan portopolio, strategi yang tepat untuk masing-masing produk adalah: (1) Strategi Bertahan/Tumbuh bersama industri untuk pasar kecap domestik, dan strategi Bertahan/Tingkatkan untuk pasar kecap ekspor; (2) Strategi Bertahan/Tumbuh bersama industri untuk saus tomat dan samba!; (3) Strategi Bertahan/Tingkatkan pangsa untuk sirup; (4) Strategi Tingkatkan Pangsa untuk produk minuman kotak dengan prioritas ekspor; (5) Diversifikasi di bidang air mineral dengan strategi Kombinasi, yaitu melakukan joint-venture dengan pihak lain.

Deskripsi Alternatif :

PT "XYZ" adalah sebuah perusahaan swasta nasional yang berdiri pada tanggal 16 Oktober 1975. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman jenis masal, khususnya industri: (1) Penyedap makanan (Kecap, Saus Tomat, Sambal}; (2) Sirup; (3} Minuman Tefra-pack (Kotak). Saat ini pasar PT "XYZ" meliputi pasar lokal sebesar 80% (mayoritas di Pulau Jawa) dan 20% pasar ekspor yang tersebar di 17 negara dan di 5 benua. PT "XYZ" merupakan pemimpin pasar domestik di bidang industri kecap, saus tomat, sambal, dan sirup, dan menjadi pesaing kuat di bidang industri minuman kotak.
Karya Akhir ini mengambil topik tentang penentuan usulan strategi korporasi pada PT "XYZ". Seiring dengan dimulainya era globalises! yang dftandai dengan pengurangan/ penghilangan berbagai bentuk hambatan tarif dan non tarif antar negara, persaingan di dunia usaha menjadi semakin tajam. Itulah sebabnya diperlukan perencanaan strafegi agar PT "XYZ" dapat bersaing di pasar intemasional dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar. Bila ditinjau dan skala perusahaan, perencanaan strategi ini merupakan langkah awal yang akan menetukan keberhasilan misi (sasaran) yang hendak dicapai perusahaan.
Langkah-langkah dalam menentukan usulan strategi ini terdiri atas: (1} Identrfikasi strategi (evaluasi atas strategi yang ada); (2} Analisis Ungkungan (audit atas kecenderungan lingkungan luas dan struktur industri untuk menentukan peluang dan ancaman, serta faktor kunci keberhasilan); (3) Analisis sumber daya internal (untuk menentukan kekuaian dan kelemahan perusahaan); (4) Analisis kesenjangan (membandingkan strategi dan sumber yang ada dengan analisis SWOT); (5) Formulasi strategi (menyusun strategi).
Berdasarkan matriks SWOT, strategi Kombfnast (gabungan strategi PEKU, PEKA, AKU dan AKA) - merupakan strategi terbaik dan dianggap mampu menghadapi dinamika usaha. Dengan beberapa kondisi sebagai berikut: adanya ancaman pendatang baru dan pesaing yang besar, potensi pasar domesiik dan ekspor yang cukup besar, posisi pangsa pasar domestik yang sangat kuat, teknologi produk dan proses yang relatif baik, dan citra produk yang baik, maka strategi generik yang tepat adalah strategi Diferensiasi.
Dalam hubungan antara strategi generik dan pendekatan portopolio, strategi yang tepat untuk masing-masing produk adalah: (1) Strategi Bertahan/Tumbuh bersama industri untuk pasar kecap domestik, dan strategi Bertahan/Tingkatkan untuk pasar kecap ekspor; (2) Strategi Bertahan/Tumbuh bersama industri untuk saus tomat dan samba!; (3) Strategi Bertahan/Tingkatkan pangsa untuk sirup; (4) Strategi Tingkatkan Pangsa untuk produk minuman kotak dengan prioritas ekspor; (5) Diversifikasi di bidang air mineral dengan strategi Kombinasi, yaitu melakukan joint-venture dengan pihak lain.

3 komentar:

  1. Kepada Yth, Jakarta,...2016
    Pimpinan Perusahaan / Finance
    Di Tempat

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. MITRA DOSI GLOBALINDO ( Insurance Brokerage) Divisi Back Up perusahaan Asuransi kerugian swasta nasional maupun Asuransi BUMN. Bank penerbit di antaranya : Bank BNI, Bank BRI, Bank DKI, Bank Bumi Putera, Bank Sumsel, Bank Sulut, Bank Sumut, Serta Bank Swasta lainnya, dan Bank Garansi yang kami tawarkan diterima di instansi pemerintah, ( BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, VICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIE ), Bank Garansi yang kami tawarkan tanpa agunan ( Non Collateral ) procedure mudah polis jaminan kami antar,

    ASURANSI YANG KAMI TAWARKAN : JASA ASURANSI YANG KAMI TAWARKAN :
    1 As, ASKRINDO 1 Comperhensive General Liability ( CGL)
    2 As, JASINDO 2 Contranctor’S All Risk ( CAR )
    3 As, ASEI 3 Erection All Risk ( EAR )
    4 As, RAYA 4 Heavy Equipment Insurance
    5 As, MEGA PRATAMA 5 Marine Hull ( MH )
    6 As, BOSOWA 6 Marine Cargo Insurance
    7 As, ASPAN 7 Marine Hull Insurance
    8 As, BERDIKARI 8 Engineering Insurance
    9 As, JASA TANIA 9 Personal Accident
    10 As, PAN PACIFIC . Dll 10 Custom Bond

    From: M. JEPRI
    PT. MITRA DOSI GLOBALINDO
    Tlp : 021- 85916284 / 021- 85916163
    Sms: 08 21 7708 9808 ( SIMPATI )
    Note:
    Pembayaran premi setelah Bank Garansi di anggap sah dari penerima jaminan

    BalasHapus
  2. Kepada Yth,
    Perusahan Bumn/Swata
    di Tempat
    Up: Pimpinan Perusahan /Finance

    Perihal : Penawaran Bank Garansi,Surety Bond & SP2D( Tanpa Agunan )

    Dengan Hormat,
    Kami dari PT.TEGAR MANDIRI BERSAUDARA (Akte Pendirian No:78) Dimana perusahaan kami telah resmi di tunjuk untuk memasarkan penerbitan Bank Garansi & Asuransi tanpa agunan. Dengan sertifikat ke agenan No: , ASK–00045.11.03.14 Adapun Bank Garansi / Asuransi yang kami tawarkan tanpa agunan, polis jaminan kami antar,

    Catatan : Bank Garansi Untuk Semua Jaminan Kita Bantu Non Collateral & Tanpa Buka Rekening.


    PT.TEGAR MANDIRI BERSAUDARA
    From : M.OKY
    Contac : 0813 1039 5894

    BalasHapus
  3. Kepada Yth,
    PIMPINAN PERUSAHAAN
    Up.IMPORT DEPT/PURCHASING.

    Hal:IMPORT URDERNAME DAN DOOR TO DOOR BORONGAN.



    Dengan hormat,

    PT GLOBAL BARONA PERKASA merupakan salah satu perusahaan International Freight Forwarder dalam pengurusan barang import dan segala keperluan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan By Bandara Soetta maupun Pelabuhan Tanjung Priok.


    Product dan Services kami antara lain :
    1. Customs Clearence Import Air&Sea Freight
    2. Sewa Bendera/ Under Name
    3. Import Door To Door Service All In Dari Negara Asal
    4. Trucking/Pengiriman Domestic

    5. Import Borongan Customs ( All-In )


    Adapun daerah operasional perusahaan kami :

    1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta
    2. Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
    3. Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    4. Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    5. Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif atau biaya yang diperlukan untuk pengurusan Import, Expor, Door to Door, trucking dan biaya-biaya service lainnya yang kami sebutkan diatas, silakan menghubungi kami,

    Kami memberi solusi dalam pengiriman barang import serta tanggung jawab dalam setiap kepercayaan yang diberikan.



    Hormat kami.

    MARIO

    Hp/Wa : 0812-8303-956


    PT GBP GROUP

    Gedung AKA Lt. 2

    Jl.Bangka Raya No,2 Jaksel.

    Phone: 021-22716626 / 22716636

    Fax : 021-22716636

    E-mail: mariowinatagbp@gmail.com //mario@pt-gbp.com

    E-mail: info@pt-gbp.com

    BalasHapus